Langsung ke konten utama


IPA
 
                                                        LAPORAN PKP-PGSD
PDGK4501

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN SUKADANAU 02

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional



Disusun oleh
                        Nama                          : INTAN PANDINI
                        NIM                            : 820389745
Program Studi           : 097/PGSD-S1
Pokjar                         : Kabupaten Bekasi
Masa Registrasi         : 2014.1



UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ JAKARTA
2014




LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PKP-PGSD/ PDGK 4501

Nama Mahasiswa                                : INTAN PANDINI
NIM                                                    : 820389745
Program Studi                                     : S1 PGSD
Tempat Mengajar                                : SDN Sukadanau 02
Jumlah Siklus Pembelajaran                : II (Dua)
Hari dan Tanggal Pelaksanaan            : Siklus I, Hari Rabu, Tgl. 26 Februari 2014
                                                              Siklus II, Hari Rabu, Tgl. 12 Maret 2014

Masalah yang merupakan fokus perbaikan:
1.        Apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA tentang perubahan lingkungan?
2.        Apakah media gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA tentang perubahan lingkungan?


                                                                                     Bekasi,  Maret 2014
Mengetahui,                                                       
Supervisor 1                                                                 Mahasiswa


RETNO MINDARWATI, M.Pd                             INTAN PANDINI
NIP. 19690810 199403 2 010                                     NIM.820389745






LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pematapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1-PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian lapora PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam kegiatan-kegiatan tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.


Bekasi,  Maret 2014
Yang Membuat Pernyataan



INTAN PANDINI
NIM. 820389745







  

BIODATA MAHASISWA




 
 
UPBJJ                                     : UT Jakarta
Masa Registrasi                       : 2014.1
Pokjar                                      : Kabupaten Bekasi
Nama Mahasiswa                    : Intan Pandini
NIM                                        : 820389745
Program Studi                         : S1-PGSD
Tempat Mengajar                    : SDN Sukadanau 02
                                                  Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi
Supervisor I                             : Retno Mindarwati, M.Pd
Supervisor II                           : Dumyadi, S.Pd

Jadwal Bimbingan/Tutorial     : 1. Minggu, 09 Februari 2014
2.  Minggu, 16 Februari 2014
3.  Minggu, 23 Februari 2014
4.  Minggu, 02 Maret 2014
5.  Minggu, 09 Maret 2014
6.  Minggu, 16 Maret 2014
7.  Minggu, 23 Maret 2014
8.  Minggu, 30 Maret 2014










KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, penguasaan alam semesta yang mengetahui segala peristiwa yang terjadi dimasa yang akan datang. Berkat rahmat dan prtunjuk-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran ini.
Laporan perbaikan pembelajaran ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Dalam penyusunan laporan ini penulis memperoleh bantuan berbagai pihak yang memberikan arahan dan penjelasan hingga terselesaikannya karya tulis ini. Oleh karena itu, sudah selayaknya dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi masukan kepada penulis, khususnya kepada :
1.        Bapak Ir. Adi Winata, M.Si, selaku kepala UPBJJ UT Jakarta
2.        Bapak Drs. H. Juhara, M.Pd, Selaku Pengelola UT Cikarang Barat Kabupaten Bekasi
3.        Ibu Retno Mindarwati, M.Pd, selaku supervisor 1 yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis dalam penyusunan laporan
4.        Bapak Dumyadi, S.Pd, selaku Supervisor 2 sekaligus Kepala SDN Sukadanau 02 tempat penulis melakukan penelitian
5.        Bapak Jayadi Rahmat, S.Pd, selaku teman sejawat yang telah membantu penulis dalam melakukan penelitian
6.        Suami tercinta Nana Supriatna, yang telah rela mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran sekaligus teman diskusi yang terus menerus memberi masukan kepada penulis
7.        Dewan guru SDN Sukadanau 02
8.        Semua pihak yang telah memberikan bantuan kepada penulis yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis juga menyadari bahwa hasil laporan ini masih jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan yang dimiliki oleh penulis. Oleh karena itu, kritik serta saran yang membangun sangat penulis harapkan. Akhir kata semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua.
Semoga Allah Subhanahu Wata’ala membelas kebiakan Bapak/Ibu semua, dan mudah-mudahan semua sukses selalu. Amin

           


                                                                        Cikarang Barat,  Maret 2014
                                                                        Penulis


                                                                        INTAN PANDINI
                                                                        NIM.820389745








DAFTAR ISI

Halaman Judul ................................................................................................ i
Lembar Pengesahan Laporan........................................................................... ii
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat................................................................... iii
Biodata Mahasiswa......................................................................................... iv
Kata Pengantar................................................................................................ v
Daftar Isi........................................................................................................ vii
Daftar Tabel.................................................................................................... ix
Daftar Gambar................................................................................................. x
Daftar Lampiran.............................................................................................. xi
Abstrak........................................................................................................... xii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah.......................................................................... 4
C.     Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................................... 5
D.    Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................................. 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA......................................................................... 7
A.    Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran............................ 7
B.     Belajar dan Hasil Belajar............................................................... 8
C.     Media Gambar.............................................................................. 11
D.    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)..................................................... 16
BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN................ 18
A.    Subjek, Tempat dan Waktu Penelitian......................................... 18
B.     Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran..................................... 19
C.     Teknik Analisis Data.................................................................... 29
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................ 30
A.    Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran...................... 30
B.     Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran................. 45
BAB V SIMPULAN DAN SARAN............................................................ 47
A.    Simpulan....................................................................................... 47
B.     Saran............................................................................................. 47
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 49
Lampiran-lampiran










DAFTAR TABEL

Hal.
Tabel 3.1    Jadwal Perbaikan Pembelajaran................................................... 18
Tabel 4.1    Daftar Nilai Hasil Evaluasi Mata Pelajaran IPA Pra Siklus........ 30
Tabel 4.2    Daftar Nilai Hasil Evaluasi Mata Pelajaran IPA Siklus I............ 32
Tabel 4.3    Persentase Hasil Evaluasi Mata Pelajaran IPA Siklus I............... 35
Tabel 4.4    Data Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA Siklus I............. 36
Tabel 4.5    Daftar Nilai Hasil Evaluasi Mata Pelajaran IPA Siklus II........... 39
Tabel 4.6    persentase Hasil Evaluasi Mata Pelajaran IPA Siklus II............. 41
Tabel 4.7    Data Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA Siklus II........... 42








DAFTAR GAMBAR

                                                                                                                        Hal.
Gambar 3.1     Siklus Penilaian Tindakan Kelas............................................. 19
Gambar 4.1     Grafik perolehan nilai IPA Siklus I........................................ 34
Gambar 4.2     Grafik perolehan nilai IPA Siklus II....................................... 41







DAFTAR LAMPIRAN

1.        Kesediaan Sebagai Supervisor 2 dalam Penyelenggaraan PKP
2.        Surat Pernyataan Kasediaan sebagai Supervisor 2
3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Pra Siklus)
4.        Lembar Kerja Siswa (Pra Siklus)
5.        Hasil Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran IPA (Pra Siklus)
6.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Siklus I)
7.        Lembar Kerja Siswa (Siklus I)
8.        Lembar Pengamatan Kegiatan Perbaikan Pembelajaran (Siklus I)
9.        Hasil Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran IPA (Siklus I)
10.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Siklus II)
11.    Lembar Kerja Siswa (Siklus II)
12.    Lembar Pengamatan Kegiatan Perbaikan Pembelajaran (Siklus II)
13.    Hasil Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran IPA (Siklus II)
14.    Jurnal Pembimbingan dengan Supervisor 2
15.    Jadwal Praktek Perbaikan Pembelajaran PKP
16.    APKG 1 dan APKG 2
17.    TBS UT
18.    Kartu Tanda Mahasiswa UT
19.    Daftar Riwayat Hidup










ABSTRAK

Peneliti melakukan penelitian ini atas dasar hasil belajar siswa yang jauh dibawah KKM (60) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami materi pembelajaran dan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada studi awal atau pra siklus siswa tuntas belajar sebanyak 16 siswa dari 35 siswa atau jika dipresentasikan 45,71%. Melihat hasil belajar seperti itu, peneliti mencoba melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan metode diskusi. Peneliti melakukan perbaikan pembelajaran pada dua siklus. Pada perbaikan pembelajaran siklus pertama ternyata hasil belajar siswa tuntas  sebanyak 28 siswa dari 35 siswa atau jika dipresentasikan 80%, dan perbaikan pembelajaran pada siklus II ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu seluruh siswa yang berjumlah 35 siswa mencapai KKM, yakni 100%.

Kata Kunci : Pemanfaatan media gambar, hasil belajar, pembelajaran IPA, metode diskusi





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MODUL 12 PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, penguasaan alam semesta yang mengetahui segala peristiwa yang terjadi dimasa yang akan datang. Berkat rahmat dan prtunjuk-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran ini. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Strategi Pembelajaran di SD. Dalam penyusunan makalah ini penulis memperoleh bantuan berbagai pihak yang memberikan arahan dan penjelasan hingga terselesaikannya karya tulis ini. Oleh karena itu, sudah selayaknya dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi masukan kepada penulis, khususnya kepada : 1.         Bapak Karta, S.Pd, Selaku Pengelola UT Pokjar Tambun Kabupaten Bekasi 2.         Ibu Lia Kurniawaty, S.Pd, M.Pd, selaku tutor yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis dalam penyusunan makalah 3.         Ibu Yayat Sumiati, S.Pd, selaku Kepala SDN Sukadanau 02 tempat penulis