|
PDGK4501
MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG PERUBAHAN
LINGKUNGAN MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN SUKADANAU 02
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah
Pemantapan
Kemampuan Profesional
Disusun
oleh
Nama :
INTAN PANDINI
NIM :
820389745
Program Studi : 097/PGSD-S1
Pokjar : Kabupaten Bekasi
Masa Registrasi : 2014.1
UNIVERSITAS
TERBUKA
UPBJJ
JAKARTA
2014
LEMBAR
PENGESAHAN LAPORAN
HASIL
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PKP-PGSD/
PDGK 4501
Nama Mahasiswa : INTAN PANDINI
NIM :
820389745
Program Studi : S1 PGSD
Tempat Mengajar : SDN Sukadanau 02
Jumlah Siklus Pembelajaran : II (Dua)
Hari dan Tanggal Pelaksanaan : Siklus I, Hari Rabu, Tgl. 26
Februari 2014
Siklus II, Hari Rabu, Tgl. 12 Maret 2014
Masalah yang merupakan fokus perbaikan:
1.
Apakah media gambar dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA tentang perubahan
lingkungan?
2.
Apakah media gambar dapat meningkatkan
aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA tentang perubahan lingkungan?
Bekasi, Maret 2014
Mengetahui,
Supervisor 1 Mahasiswa
RETNO
MINDARWATI, M.Pd INTAN PANDINI
NIP.
19690810 199403 2 010 NIM.820389745
LEMBAR
PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya
bahwa laporan praktik Pematapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun
sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1-PGSD
Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam
penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah
dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika
penulisan karya ilmiah.
Apabila di kemudian hari ditemukan
seluruh atau sebagian lapora PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya
plagiasi dalam kegiatan-kegiatan tertentu, saya bersedia menerima sanksi,
termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan
perundang-undangan yang berlaku.
Bekasi, Maret
2014
Yang Membuat Pernyataan
INTAN PANDINI
NIM. 820389745
BIODATA
MAHASISWA
|
UPBJJ :
UT Jakarta
Masa Registrasi : 2014.1
Pokjar :
Kabupaten Bekasi
Nama Mahasiswa : Intan Pandini
NIM :
820389745
Program Studi : S1-PGSD
Tempat Mengajar : SDN Sukadanau 02
Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi
Supervisor I : Retno Mindarwati, M.Pd
Supervisor II : Dumyadi, S.Pd
Jadwal Bimbingan/Tutorial : 1. Minggu, 09 Februari 2014
2. Minggu, 16
Februari 2014
3. Minggu, 23
Februari 2014
4. Minggu, 02
Maret 2014
5. Minggu, 09
Maret 2014
6. Minggu, 16
Maret 2014
7. Minggu, 23
Maret 2014
8. Minggu, 30
Maret 2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, penguasaan alam semesta yang
mengetahui segala peristiwa yang terjadi dimasa yang akan datang. Berkat rahmat
dan prtunjuk-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan perbaikan
pembelajaran ini.
Laporan perbaikan
pembelajaran ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan
Profesional (PKP). Dalam penyusunan laporan ini penulis memperoleh bantuan
berbagai pihak yang memberikan arahan dan penjelasan hingga terselesaikannya
karya tulis ini. Oleh karena itu, sudah selayaknya dalam kesempatan ini penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi masukan kepada
penulis, khususnya kepada :
1.
Bapak Ir. Adi Winata, M.Si, selaku
kepala UPBJJ UT Jakarta
2.
Bapak Drs. H. Juhara, M.Pd, Selaku
Pengelola UT Cikarang Barat Kabupaten Bekasi
3.
Ibu Retno Mindarwati, M.Pd, selaku
supervisor 1 yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis dalam
penyusunan laporan
4.
Bapak Dumyadi, S.Pd, selaku Supervisor 2
sekaligus Kepala SDN Sukadanau 02 tempat penulis melakukan penelitian
5.
Bapak Jayadi Rahmat, S.Pd, selaku teman
sejawat yang telah membantu penulis dalam melakukan penelitian
6.
Suami tercinta Nana Supriatna, yang
telah rela mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran sekaligus teman diskusi yang
terus menerus memberi masukan kepada penulis
7.
Dewan guru SDN Sukadanau 02
8.
Semua pihak yang telah memberikan
bantuan kepada penulis yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Penulis juga menyadari bahwa hasil laporan ini masih
jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan yang dimiliki oleh penulis. Oleh
karena itu, kritik serta saran yang membangun sangat penulis harapkan. Akhir
kata semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua.
Semoga Allah Subhanahu Wata’ala membelas kebiakan
Bapak/Ibu semua, dan mudah-mudahan semua sukses selalu. Amin
Cikarang
Barat, Maret 2014
Penulis
INTAN
PANDINI
NIM.820389745
DAFTAR ISI
Halaman
Judul ................................................................................................ i
Lembar
Pengesahan Laporan........................................................................... ii
Lembar
Pernyataan Bebas Plagiat................................................................... iii
Biodata
Mahasiswa......................................................................................... iv
Kata
Pengantar................................................................................................ v
Daftar
Isi........................................................................................................ vii
Daftar
Tabel.................................................................................................... ix
Daftar
Gambar................................................................................................. x
Daftar
Lampiran.............................................................................................. xi
Abstrak........................................................................................................... xii
BAB
I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.
Latar Belakang Masalah................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah.......................................................................... 4
C.
Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................................... 5
D.
Manfaat Penelitian Perbaikan
Pembelajaran.................................. 6
BAB
II KAJIAN PUSTAKA......................................................................... 7
A.
Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran............................ 7
B.
Belajar dan Hasil Belajar............................................................... 8
C.
Media Gambar.............................................................................. 11
D.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)..................................................... 16
BAB
III PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN................ 18
A.
Subjek, Tempat dan Waktu Penelitian......................................... 18
B.
Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran..................................... 19
C.
Teknik Analisis Data.................................................................... 29
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................ 30
A.
Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan
Pembelajaran...................... 30
B.
Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan
Pembelajaran................. 45
BAB
V SIMPULAN DAN SARAN............................................................ 47
A.
Simpulan....................................................................................... 47
B.
Saran............................................................................................. 47
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... 49
Lampiran-lampiran
DAFTAR
TABEL
Hal.
Tabel
3.1 Jadwal Perbaikan Pembelajaran................................................... 18
Tabel
4.1 Daftar Nilai Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran IPA Pra Siklus........ 30
Tabel
4.2 Daftar Nilai Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran IPA Siklus I............ 32
Tabel
4.3 Persentase Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran IPA Siklus I............... 35
Tabel
4.4 Data Aktivitas Siswa dalam
Pembelajaran IPA Siklus I............. 36
Tabel
4.5 Daftar Nilai Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran IPA Siklus II........... 39
Tabel
4.6 persentase Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran IPA Siklus II............. 41
Tabel
4.7 Data Aktivitas Siswa dalam
Pembelajaran IPA Siklus II........... 42
DAFTAR
GAMBAR
Hal.
Gambar
3.1 Siklus Penilaian Tindakan Kelas............................................. 19
Gambar
4.1 Grafik perolehan nilai IPA Siklus
I........................................ 34
Gambar
4.2 Grafik perolehan nilai IPA Siklus
II....................................... 41
DAFTAR
LAMPIRAN
1.
Kesediaan Sebagai Supervisor 2 dalam
Penyelenggaraan PKP
2.
Surat Pernyataan Kasediaan sebagai
Supervisor 2
3.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Pra
Siklus)
4.
Lembar Kerja Siswa (Pra Siklus)
5.
Hasil Evaluasi Pembelajaran Mata
Pelajaran IPA (Pra Siklus)
6.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Siklus
I)
7.
Lembar Kerja Siswa (Siklus I)
8.
Lembar Pengamatan Kegiatan Perbaikan
Pembelajaran (Siklus I)
9.
Hasil Evaluasi Pembelajaran Mata
Pelajaran IPA (Siklus I)
10. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (Siklus II)
11. Lembar
Kerja Siswa (Siklus II)
12. Lembar
Pengamatan Kegiatan Perbaikan Pembelajaran (Siklus II)
13. Hasil
Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran IPA (Siklus II)
14. Jurnal
Pembimbingan dengan Supervisor 2
15. Jadwal
Praktek Perbaikan Pembelajaran PKP
16. APKG
1 dan APKG 2
17. TBS
UT
18. Kartu
Tanda Mahasiswa UT
19. Daftar
Riwayat Hidup
ABSTRAK
Peneliti melakukan penelitian ini atas
dasar hasil belajar siswa yang jauh dibawah KKM (60) dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami materi pembelajaran
dan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada studi
awal atau pra siklus siswa tuntas belajar sebanyak 16 siswa dari 35 siswa atau
jika dipresentasikan 45,71%. Melihat hasil
belajar seperti itu, peneliti mencoba melakukan perbaikan pembelajaran dengan
menggunakan media gambar dan metode diskusi. Peneliti melakukan perbaikan
pembelajaran pada dua siklus. Pada perbaikan pembelajaran siklus pertama
ternyata hasil belajar siswa tuntas
sebanyak 28 siswa dari 35 siswa atau jika dipresentasikan 80%, dan
perbaikan pembelajaran pada siklus II ternyata hasil belajar siswa mengalami
peningkatan, yaitu seluruh siswa yang berjumlah 35 siswa mencapai KKM, yakni
100%.
Kata Kunci : Pemanfaatan media gambar, hasil
belajar, pembelajaran IPA, metode diskusi
Komentar
Posting Komentar